Tips Sukses Kerja Di Luar Negeri

Anda ingin bekerja di luar negeri tapi bingung harus mulai dari mana? Simak berbagai tips berikut ini sebelum memutuskan untuk berkarir sebagai TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri.

Ada banyak motivasi orang Indonesia ketika memutuskan untuk menetap sementara sebagai TKI maupun tinggal secara permanen di luar negeri. Namun mungkin motivasi yang paling banyak kita temui adalah terkait masalah ekonomi. Sebagian besar masyarakat Indonesia beranggapan bahwa orang-orang yang di luar negeri pastilah gajinya lebih besar dibanding posisi pekerjaan yang sama di Indonesia.

Bagaimana Caranya Bisa Bekerja di Luar Negeri ?

Untuk dapat bekerja di luar negeri saat ini tidaklah serumit tahun-tahun sebelumnya. Dengan adanya internet, pencarian informasi mengenai lowongan pekerjaan baik di dalam maupun di luar negeri menjadi sangat mudah.

Khusus untuk pekerjaan di luar negeri, anda akan diwajibkan untuk membuat atau memiliki dokumen izin tinggal sementara yang diterbitkan oleh pejabat imigrasi negara setempat.

Baca Juga : Ingin Kerja Di Luar Negeri? Persiapkan Ini Dulu

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan kerja di luar negeri ? berikut adalah tips-tips buat Anda yang ingin memulai karir di luar negeri dan cara untuk mendapatkan kerja di luar negeri!

Cara Mendapatkan Pekerjaan Di Luar Negeri

Program Kerja Sambil Liburan

Menurut badan organisasi ekspatriat di dunia, kerja di luar negeri saat ini menjadi suatu gaya hidup seseorang. Biasanya seseorang melakukan liburan ke luar negeri sembari mengambil suatu pekerjaan yang bersifat sementara. Tentunya Anda harus memiliki visa kerja untuk melakukan hal ini, namun visa yang dikeluarkan biasanya berbeda dengan visa TKI maupun TKW.

Untuk mendapatkan pekerjaan tentunya ada syarat-syarat yang harus anda penuhi dan ikuti seperti lulus tes kompetensi Bahasa Inggris.

BACA JUGA:  Daftar Sekarang, Prakerja Gelombang 18 Akan Segera Dibuka

Melalui Perusahaan

Cara yang satu ini merupakan cara yang aman jika Anda ingin kerja di luar negeri karena ada perusahaan yang membantu proses relokasi serta menjadi penjamin selama Anda berada di negara tersebut. Anda bisa mengajukan diri atau melamar langsung ke perusahaan di negara tujuan.

Melalui Program Magang

Bagi Anda yang masih berumur dibawah 30 tahun, Anda bisa juga mengikuti program magang di negara lain. Anda dapat melihat program magang di berbagai website resmi lowongan pekerjaan luar negeri. Biasanya ada beberapa perusahaan di luar negeri yang menerima pekerja asing. Ada juga yang menerapkan program pertukaran pekerja untuk bekerja di perusahaan tersebut.

 

 

 

Sumber : https://www.cimbniaga.co.id/

About idnews