Daftar Sekarang, Prakerja Gelombang 18 Akan Segera Dibuka

Bagi anda yang berminat untuk mendaftarkan diri di program Kartu Pra-kerja agar dapat ikut menerima DANA Bantuan/Subsidi (Non-Bansos) dari pemerintah, terdapat beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan dan dipenuhi, antara lain sebagai berikut,

  • Warga Negara Indonesia Berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang sekolah atau kuliah
  • Tidak sedang menerima bantuan pemerintah baik berupa Dana Bansos BLT, BPUM, atau bantuan pemerintah lain
  • Bukan pejabat negara, PNS, anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD.

Berikut ini cara mendaftar Kartu Prakerja:

  1. Buka www.prakerja.go.id pada browser handphone atau komputer
  2. Siapkan nomor Kartu Keluarga serta NIK, masukkan data diri, dan ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses pembuatan akun
  3. Siapkan kertas dan alat tulis untuk mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar secara online Klik “Gabung” pada Gelombang yang sedang dibuka
  4. Nantikan pengumuman peserta yang lolos seleksi Gelombang melalui SMS.

Seperti diketahui, program Kartu Prakerja merupakan bantuan bagi mereka yang belum bekerja, kehilangan pekerjaan atau usahanya terdampak karena pandemi Covid-19. Dalam program ini setiap peserta yang lolos akan mendapatkan dana sebesar Rp 3,55 juta.

BACA JUGA : Download Aplikasi Penghasil Uang

Dana gratis sebesar Rp 1 juta akan diberikan untuk membeli paket pelatihan online. Paket pelatihan pertama harus dibeli paling lambat 30 hari setelah SMS atau notifikasi yang menyatakan seseorang lolos sebagai peserta Prakerja atau kepesertaan akan hangus.

Usai melakukan pelatihan dan mendapatkan sertifikat kelulusan pertama, peserta akan mendapatkan dana gratis sebesar Rp 600 ribu per bulan. Dana bantuan ini akan disalurkan selama empat bulan. Selain itu peserta akan mendapatkan dana tambahan gratis sebesar Rp 150.000 untuk tiga kali survei.

BACA JUGA:  Ingin Kerja Di Luar Negeri? Persiapkan Ini Dulu

Menurut Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, program pelatihan semi-bansos yang digulirkan sejak tahun lalu ini akan segera dibuka kembali dalam waktu dekat.

“Menunggu kebijakan dari Komite Cipta Kerja, karena kita harus tertib administrasi dan prosedur. Jadi sobat Prakerja mohon sabar dalam waktu dekat gelombang 18 akan dibuka. Sabar saja,” ujar Denni Puspa, seperti dikutip Sabtu (14/8/2021).

Deni Puspa memang tidak menyebut waktu pastinya, namun kementerian keuangan sudah menganggarkan dana bantuan Rp 10 triliun untuk 2,7 juta peserta pada semester II-2021.

Masyarakat bisa mendaftar terlebih dahulu di situs prakerja.go.id. Nantinya peserta yang lolos akan dipilih secara acak.

Denni menjelaskan jika peserta hanya boleh ikut satu kali saja demi pemerataan program tersebut. Sejauh ini masih ada 125 juta orang yang belum mengikuti pelatihan seumur hidup itu.

“Jadi di sini supaya memanfaatkan betul kesempatan sekali seumur hidup untuk berlatih semaksimal mungkin,” kata dia.

Selain kartu pra-kerja, pemerintah juga mempunyai program bantuan sosial / BANSOS berupa uang tunai.

Seperti dilansir oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ngawi, pemerintah memberikan berbagai jenis BANSOS, seperti Bantuan Sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT). Bantuan Sosial Tunai (BST) adalah bantuan yang bersumber dari Kemensos Republik Indonesia yang akan diberikan kepada masyarakat berdasarkan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

BACA JUGA : Dapatkan Uang Hanya Dengan Upload Foto Dari HP Kamu

Sedangkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) adalah bantuan yang berasal dari alokasi dana desa pada Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APB Desa) yang akan diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang kehilangan mata pencaharian karena pandemik virus corona atau Covid-19.

BACA JUGA:  Tips Sukses Kerja Di Luar Negeri

Untuk mengetahi kapan dana bansos akan dicairkan oleh pemerintah, masyarakat dapat cek dana bansos secara online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id terlebih dahulu.

Sumber :
https://www.cnbcindonesia.com/
https://dunia.tempo.co/

About idnews